Monday, December 10, 2012

PENDEK TETAPI TERASA


Ungkapan pembuka dari artikel Keep in Spirit Institute semoga tidak diartikan yang bukan - bukan karena judul tulisan tersebut adalah gambaran program outbound training kerjasama sinergi antara Keep in spirit institute bersama one utama outbound.  Pada tanggal 9 November 2012 kami mendapatkan 

kesempatan untuk memberikan program outbound training dengan tema "Together We Can" kepada PT. Kangean Energy ( TSB ).  Program tersebut kami mendapatkan kesempatan hanya sekitar kurang lebih 1 jam 30 menit.  Waktu yang singkat tersebut kami diminta untuk membuat acara tersebut seru, semangat tetapi juga mengena dengan temanya di atas.  

Alhamdulillah cuaca di tempat outbound training yang kami adakan cukup bagus pagi itu.  Kami mulai program dengan sangatsmooth.  Ice breaking dengan memainkan texas ranger sudah cukup membuat para peserta terbangun semangatnya.  walaupun game yang sangat ringan tetapi kami coba selipkan pesan tentang pentingya fokus di dalam menjalankan setiap aktivitas kita.  Akan sangat berbeda hasilnya manakala kita mengerjakan dengan fokus dan tidak.  Kemudian kami lanjutkan game yang lebih seru dan ceria lagi mulai dari memetik mangga, dum this that hingga dog fight.  semua game kami mainkan tanpa alat bantu satu pun.  Game yang sangat sederhana dan tanpa alat ternyata kalau kita mampu mengemasnya dengan baik hasilnya juga sangat luar biasa.

Kekuatan game dalam sebuah kegiatan outbound training sebetulnya bukan kepada jumlah game yang dimainkan.  Bukan juga kepada perlengkapan game yang dipakai. Tetapi sangat tergantung kepada konsep game tersebut yang disesuaikan dengan goal dan "karakter" dari audiens.  Selain itu kita harus mulai membangunnya sejak bertemu pertama kali dengan audiens.  kita bangun suasana yang nyaman lalu kita berikan prolog yang sesuai dengan tema acaranya.  kalau hal tersebut sudah kita lakukan maka keceriaan dan semangat dalam kegiatan tersebut sangat mudah untuk didapatkan.

kembali kepada judul di atas, Pendek tetapi terasa.  Hal itu kami rasakan sekali ketika setelah selesai kegiatan tersebut ketika terjadi perbincangan kecil dengan beberapa peserta mereka cukup terkesan.  Mereka baru menyedari bahwa dengan game yang sederhana tetapi bisa memaknai sebuah program yang sebetulnya cukup berat untuk dibawakan.  Itulah salah satu kekuatan game dalam setiap kegiatan outbound training.  Peserta akan tidak bosan manakala kita tidak hanya fokus kepada gamenya tetapi juga fokus terhadap bagaimana membawakan game dan memaknai game tersebut sesuai dengan tema kegiatan tersebut.

setiap kegiatan outbound training dari keep in spirit institute selalu kami disain unik dan customize.  Kami bisa memberikan yang berbeda baik konsep maupun jenis gamenya karena kami sadar bahwa kekuatan game adalah sangat luar biasa apabila kita mau menggalinya.  Terima kasih kami ucapkan kepada patner kami one utama outbound semoga kerja sama kita bisa terus berlanjut.  Dan kami ucapkan selamat kepada Management dan staff Kangean Energy ( TSB ) semoga senantiasa mampu mewujudkan visi dan misinya.

No comments:

Post a Comment