Friday, October 26, 2012

KEKUATAN SEBUAH GAME


Kami di Keep in Spirit Institute dalam setiap memberikan training selalu menyertakan minimal dua buah game untuk dimainkan.  Game atau permainan sepertinya adalah hal yang biasa saja tetapi bagi kami sebuah game adalah sebuah "alat" yang luar biasa fungsinya.

Dengan menggunakan game kami dapat :
1.  lebih involved dengan peserta training
2. lebih mudah menjelaskan sebuah materi training
3. lebih membuat kami dan para peserta sangat bersemangat dalam menjalankan kegiatan training tersebut
4. lebih ceria dan ringan dalam membawakan materi training
sampai dengan hari ini sudah ada kurang lebih 254 game yang kami kumpulkan.  Game itu tidak kami ciptakan sendiri tetapi bisa mendapatkan dari seorang teman, menceri diinternet atau memodifikasi game yang sudah ada.  Memang beberapa ada yang tercipta dari ide sendiri.

Saat ini kami sedang mengembangkan game-game lama yang kami perbaharuhi atau game bagu yang tanpa menggunakan alat bantu dalam memainkannya.  Selain itu juga game dengan menggunakan peralatan yang berada di sekitar kita.  Game-game yang kami temukan tersebut ternyata mempunyai kekuatan yang bagus dibandingkan dengan game yang menggunakan peralatan yang besar dan berat.  

Kekuatan sebuah game adalah dengan menjadikan game tersebut "connected" dengan peserta.  Beberapa hal yang sering kami lakukan untuk membuat hal itu terjadi diantaranya :
1. Kami namakan game tersebut dengan nama yang menarik seperti dog fight, welcoming dance, the last man standing dll
2. Kami terangkan rule of the game dengan menarik
3. Kami mainkan dengan 2 sampai 3 variasi dengan tantangan yang semakin seru
4. kami mainkan dengan gembira 

alhamdulillah setiap training kami , Keep in Spirit Institute memberikan kesan sederhana tetapi penuh makna.  Mudah di ingat dan terus diingat.  Bahkan di beberapa kesempatan sebuah game yang pernah kami mainkan lebih dari 4 tahun masuk sangat melekat dalam ingatan peserta setiap kembali bertemu dengan kami.  Selain itu debrief yang kami berikan sangat kaya dengan informasi dan sangat memotivasi.  Kami tidak pernah membiarkan setiap peserta kami untuk mengambil sendiri makna yang terdapat dalam game tersebut.  Kami berikan wawasan, kami sampaikan hal-hal yang positif, kami ajak mereka merasakan dengan penuh kegembiraan, dan kami dorong mereka untuk menemukan dalam kehidupan nyatanya baik di perusahaan, keluarga ataupun masyarakat.   

Ketika kami modivikasi lagu Trio macan "iwak peyek" menjadi saranan untuk menginternalisasi sebuah value perusahaan.  Yang terjadi para peserta lebih mudah memahaminya dan teraingat terus value tersebut.  Bahkan disepanjang jalan mereka bisa "menyamyikannya" sambil memahami value dari perusahaannya tersebut.

ayo mainkan game dengan penuh gembira dan mainkan game dengan lebih kreative lagi.  .....Keep in spirit.

No comments:

Post a Comment